Dikira ISIS Ustadz Abdul Somad Dicekal di Eropa

378

Dikira ISIS Ustadz Abdul Somad Dicekal di EropaUstaz Abdul Somad cerita tentang perjalanan dakwahnya kepada Imam Shamsi Ali, Imam dari Islamic Center of New York. UAS dituduh ISIS.

Dalam bahasan yang berlangsung di YouTube tersebut, UAS berbicara tentang Tantangan dan Peluang Dakwah: Indonesia & US. Di sana, UAS ditanya tentang mengapa seorang UAS bisa dilarang masuk ke beberapa tempat. Padahal sejauh ini, UAS tak pernah bicara menakutkan.

Pertanyaan itu pun memantik UAS untuk cerita cukup panjang. Ia mengisahkan pengalamannya ketika masuk Swiss dan Belanda.

Saya sampai di Swiss, karena khawatir masuk, visanya emang Belanda, tapi masuk Swiss. Begitu sampai di imigrasi, mereka tak benarkan saya masuk,” kata UAS.

“Ketika saya tanya, mereka memperlihatan secarik kertas. Mereka katakan saya pernah menyampaikan ceramah di Belanda, dan saya punya paspor itu dicap untuk tak boleh masuk Eropa.

Saya bilang ini paspor baru, dia minta paspor lama, saya bilang nggak mungkin saya bawa. Saya nggak pernah masuk Eropa.”

Usai menunggu selama beberapa jam, UAS pun akhirnya dideportasi.

“Setelah 5 jam, mereka deportasi, pulang melalui Thailand, kemudian ke Malaysia. Itu untuk visa Swiss dan Belanda,” tuturnya.

Tak cuma ke dua negara itu, UAS juga pernah dapat undangan ke Inggris. Kali ini kasusnya berbeda, sebab UAS sudah sejak awal dilarang masuk.

“Kemudian ada udangan ke Inggris, mereka lebih cepat lagi, ketika boarding, pesawat Royal Brunei, satu jam setelah check in, mereka terkonek jaringan internasional, pesawat Royal Brunei tak izinkan saya berangkat, visa saya dicancel, padahal visa itu sudah ada,” ungkapnya.

Halaman 1 2

Berita Terkait
close