Ribuan Hektare Lahan Rusak Akibat Erupsi Sinabung

25

Sudut.idRibuan Hektare Lahan Rusak Akibat Erupsi Sinabung – Gunung Sinabung di Sumatera Utara kembali meletus pagi ini sekitar pukul 06.07 WIB, Kamis (13/8).

Ketinggian kolom abu terlihat kurang lebih 1.000 meter di atas puncak yang memiliki ketinggian 3.460 m dpl.

Kolom abu terpantau berwarna abu-abu dengan intensitas sedang condong ke arah timur, tenggara dan selatan, mengutip siaran pers dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kamis (13/8).

Gunung Sinabung Berstatus Level III

PVMBG menyatakan Gunung Sinabung berstatus level III atau siaga. Masyarakat diminta untuk tidak melakukan kegiatan di desa yang sudah direlokasi atau wilayah yang berjarak 3 km dari puncak Gunung Sinabung, radius 5 km untuk sektor tenggara, dan 4 km untuk sektor timur-utara. .

Jika terjadi hujan abu, warga diminta memakai masker saat keluar rumah. Fasilitas air bersih juga harus terjaga dan bersihkan atap rumah dari abu vulkanik agar tidak roboh.

“Masyarakat yang tinggal di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Sinabung perlu mewaspadai bahaya lahar,” kata Kepala Pos Pemantauan Gunung Sinabung Armen.

Aktivitas Gunung Sinabung meningkat sejak Sabtu (8/8) lalu. Saat itu letusan mencapai 2.000 meter dari puncak dan berstatus siaga atau level III.

Sejumlah wilayah kemudian diguyur abu vulkanik. Warga sekitar direlokasi ke tempat yang lebih aman dari bahaya letusan.

Tidak seorang pun diperbolehkan melakukan aktivitas di dekat Gunung Sinabung.

Letusan lainnya terjadi pada Selasa (11/8). Kolom abu tersebut lebih tinggi dari letusan sebelumnya, yaitu 5.000 meter dari puncak gunung. Masyarakat diminta mewaspadai abu vulkanik dan lahar dingin.

Halaman 1 2 3

Berita Terkait
close